Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara

Rabu, 24 Maret 2010

Ideologi berasal dari kata idea(Inggris), yang artinya gagasa,pengertian.
Kata Yunani oida=mengetahui,melihat dengan budi. kata "logi" yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan.
Jadi ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kaelan "idea" disamakan artinya dengan cita-cita.
Karl Max mengartikan Ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidan politik atau sosial ekonomi. Gunawan Setiardjo mengemukakan bahwa ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
Ideologi secara fungsional diartikan seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik. Ideologi secara fungsional ini digolongkan menjadi dua tipe,
yaitu Ideologi doktriner dan Ideologi yang pragmatis.

Pentingnya Ideologi bagi suatu Negara
penting untuk keseluruhan pandangan,cita-cita,nilai dan keyakinan yang ini mereka wujudkan dalam kenyataan hidup yang nyata.
membentuk identitas atau ciri keolompok/bangsa. Ideologi juga mempunyai kecenderungan untuk memisahkan kita dari mereka.Ideologi berfungsi mempersatukan sesama kita.

Pentingnya Ideologi bagi Dasar Negara
Dasar negara adlah landasan kehidupan bernegara. Negara harus mempunyai landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegaranya.

0 komentar: