TUGAS 1 - Ilmu Sosial

Kamis, 06 Oktober 2011

•    Definisi Individu


 Berasal dari kata yunanni yaitu "Individium" yang artinya "tidak terbagi". Dalam ilmu sosial paham individu, menyangkut tabiat dengan kehidupan dan jiwa yang majemuk, memegang peranan dalam pergaulan hidup manusia. Individu merupakan kesatuan yang terbatas yaitu sebagain manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa individu adalah manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya. Dan terdapat tiga aspek dalam individu yaitu aspek organik jasmaniah, aspek psikis rohaniah, dan aspek sosial. Dimana aspek-aspek tersebut saling berhubungan. Apabila salah satu rusak maka akan merusak aspek lainnya.

•   Definisi Pemuda

Arti kata Pemuda berdasarkan Princeton yang mendefisinakan bahwa kata pemuda (youth) dalam kamus websternya sebagai "the time of life between childhood and maturity ; early maturity; the state of being young of immature or inexperienced; the freshness and vitality characteristic of a young person".
Sedangkan dalam kerangka usia, WHO menggolongkan usia 10-24 tahun sebagai Pemuda (young people), sedangkan remaja atau adolescence dalam golongan usia 10-19 tahun. Contoh lain di Canada dimana negara tersebut menerapkan bahwa "after age 24, youth are no longer eligible for adolescent social services"

•   Definisi Keluarga

Keluarga berasal dari bahasa sansekerta "kulawarga". kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota". Keluarga adalah lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

•   Definisi Masyarakat

Pengertian masyarakat dari beberapa ahli sosiologi dunia.
1.  Menurut Selo Sumardjan, masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
2.  Menurut Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
3.  Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
4.  Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan didalam kelompok/ kumpulan manusia tersebut.

•   Definisi Kebudayaan

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamah dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

•  Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat


Manusia adalah sebagai makhluk individu dalam arti tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya. Oleh karena itu dalam proses perkembangannya perlu keterpaduan antara perkembangan jasmani dan rohaninya. Sebagai makhluk sosial seorang individu tidak dapat berdiri sendiri, saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya, dan saling mengadakan hubungan sosial ditengah-tengah masyarakat.
Keluarga dengan berbagai fungsi yang dijalankan adalah sebagai wahana dimana seorang individu mengalami proses sosialisasi yang pertama kali, sangat penting artinya dalam mengarahnya terbentuknya individu menjadi seorang yg berpribadi. Sebagian bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat, keluarga mempunyai korelasi fungsional dengan masyarakat tertentu, oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadi seorang yang berpribadi hendaknya diarahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada, sehingga seorang individu menjadi seorang yang dewasa dalam arti mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan-hubungan sosial di dalam masyarakat yang cukup majemuk. Individu yang berada dalam masyarakat tertentu berarti ia berada pada suatu konteks budaya tertentu. Pada tahap inilah arti keunikan individu itu menjadi jelas dan bermakna, artinya akan mudah dirumuskan gejala-gejalanya. Perwujudan dirinya sendiri yang merupakan makhluk sosial sebagai perwujudan anggota kelompok atau anggota masyarakat.

Referensi :





0 komentar: