TUGAS 3 - Ilmu Sosial

Kamis, 06 Oktober 2011


TAWURAN WARGA PECAH DI PAMULANG


TANGERANG, WARTA - Hujan batu dan benda keras lainnya terjadi pada aksi tawuran warga di Jalan Raya Pajajaran, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan, Minggu (2/10/2011) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam aksi tawuran itu. Namun, sejumlah pemuda mengalami luka cukup serius hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Diduga mereka karena terkena lemparan batu dan sabetan senjata tajam.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Pamulang, diterjunkan ke lokasi untuk mencairkan suasana. Namun, saling serang antarkedua kelompok masih terus terjadi. Bahkan, petugas yang ada di lapangan tampak tidak bisa berbuat banyak. "Ada mobil yang rusak terkena lemparan batu. Banyak darah berceceran," ujar Fernandis Ganis, warga Sinar Pamulang Permai.

Akibat tawuran ini, sejumlah pengendara roda dua dan empat yang melintas tampak memutar arah. Takut menjadi sasaran amuk massa yang tampak tidak terkendali.Pecahan kaca botol dan mobil yang hancur juga tampak mengotori jalan dan membahayakan pengguna jalan. Hingga kini, belum jelas penyebab terjadinya tawuran. Namun, diduga dipicu dendam lama. "Dua massa ini sudah sering terlibat tawuran di jalan ini. Mereka dari gang Saidin dan Portal," ujar Fernandis. (okz)


Sudut Pandang Mahasiswa (Saya) :


Hal semacam ini sudah tidak lazim lagi dikalangan masyarakat, dan hal seperti ini sering kali terjadi akibat cekcok/perbedaan pendapat yang tidak bisa diselesaikan oleh akal. Hal ini tidak baik karena dapat merugikan warga sekitar didaerah/ lokasi yang menjadi tempat perselihian ini.


Penyelesaian :


•  Coba dicari akar dari permasalah ini
•  Masalah ini dimusyawarahkan dengan orang-orang yang terlibat didalamnya
•  Belajar untuk menghargai pendapat orang lain
•  Belajar untuk menerima keputusan dari hasil musyawarah tersebut
•  Jangan biasakan apabila ada masalah kita selesaikan dengan otot bukan dengan akal



0 komentar: