Pertunjukan,Busana,Seni Musik,OlahRaga di INDONESIA

Kamis, 03 November 2011

Indonesia memiliki kira-kira 300 kelompok etnis, yang dimana tiap etnis mempunyai warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh kebudayaan India, Arab, Cina, Eropa, dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi Hindu, seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Banyak juga seni tari yang lainnya yang tidak bisa dijabarkan satu persatu karena Indonesia memiliki berbagai macam tarian daerah yang memiliki keistimewaan dari masing2 daerah tersebut

Seni pantun, gurindam, dan sebagainya dari berbagai daerah seperti pantun Melayu, dan pantun-pantun lainnya acapkali dipergunakan dalam acara-acara tertentu yaitu perhelatan, pentas seni, dan lain-lain. Pantun biasanya sering terjadi didalam percakapan orang betawi.

BUSANA

Indonesia di bidang busana mempunyai warisan budaya yang turun menurun di Indonesia dan terkenal di seluruh dunia adalah kerajinan batik. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batik meliputi Surakarta,Cirebon, Yogyakarta, Garut,Padeglang, Tasikmalaya dan juga Pekalongan. Kerajinan batik ini pun diklaim oleh negara lain dengan industri batiknya. Busana asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke lainnya dapat dikenali dari ciri-cirinya yang dikenakan di setiap daerah antara lain baju kurung dengan songketnya dari Sumatera Barat (Minangkabau), kain ulos dari Sumatra Utara (Batak), busana kebaya, busana khas Dayak di Kalimantan, baju bodo dari Sulawesi Selatan, busana berkoteka dari Papua dan sebagainya.

OLAH RAGA

Indonesia selama ini mempunyai prestasi di bidang olahraga Olimpiade,Bulu tangkis, Tinju.
Di ajang kompetisi multi cabang, prestasi atlet-atlet Indonesia tidak terlalu mengesankan. Di Olimpiade, prestasi terbaik Indonesia diraih pada saat Olimpiade 1992, dimana Indonesia menduduki peringkat 24 dengan meraih 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. Pada era 1960 hingga 2000, Indonesia merajai bulu tangkis. Atlet-atlet putra Indonesia seperti Rudi Hartono, Liem Swie King, Icuk Sugiarto, Alan Budikusuma, Ricky Subagja, dan Rexy Mainaky merajai kejuaraan-kejuaraan dunia. Rudi Hartono yang dianggap sebagai maestro bulu tangkis dunia, menjadi juara All England terbanyak sepanjang sejarah. Selain bulu tangkis, atlet-atlet tinju Indonesia juga mampu meraih gelar juara dunia, seperti Elyas Pical, Nico Thomas, dan Chris John.

SENI MUSIK

Indonesia dari saat dahulu mempunyai Seni Musik yang tiada bandingannya, Seni Musik ini
dengan menggunakan alat musik tradisional dengan khas sendiri tergantung dari daerah asal musik itu
diciptakan.
Ada juga musik yang merakyat di Indonesia yang dikenal dengan nama dangdut yaitu musik beraliran Melayu modern yang dipengaruhi oleh musik India sehingga musik dangdut ini sangat berbeda dengan musik tradisional Melayu yang sebenarnya, seperti musik Melayu Deli, Melayu Riau, dan sebagainya.
Seni Musik tradisional indonesia banyak yg sudah dicuri dan diclaim sebagai musik dari negara lain.
untuk kepentingan penambahan budaya dan seni musiknya sendiri dengan mematenkan hak cipta seni budaya dari Indonesia.

Berikut ini adalah contoh-contoh alat musik tradisional yang terdapat di Indonesia :
- Angklung
- Blende
- Calung
- Dermenan
- Gamelan
- Kenong
- Rebana
- Rebab
- Kecapi
- Kendang Jawa,
- dan masih banyak lagi karya-karya seni musik yang ada di indonesia.

0 komentar: